Kecewa Pelayanan PT. Master Web Network (MWN)

Sekali lagi kami dikecewakan oleh pelayanan PT. Master Web Network (MWN), sebuah perusahaan web hosting yang katanya sebagai perusahaan web hosting dengan Pelayanan Terbaik 2007 (Best Service 2007). Nyatanya PT. Master Web Network malah memberikan pelayanan yang sangat-sangat mengecewakan kepada kami.

Memang sih diawal-awal kami menggunakan pelayanan PT. Master Web Network di tahun 2006 kami merasa sangat puas, namun seiring perjalanan waktu, pelayanan PT. Master Web Network berubah menjadi pelayanan yang “menyedihkan”. Berikut kronologi kejadian yang membuat kami kecewa terhadap MWN.
Diawali dengan kejadian lambatnya respon bagian billing PT. Master Web Network dalam menanggapi pesanan domain kami hingga membuat domain pesanan kami tersebut diserobot pihak lain padahal kami telah membayar lunas tagihan ketika status domain pesanan kami itu di who.is masih berstatus “Available”.

Pada kejadian ini kami berusaha memaafkan PT. Master Web Network karena PT. Master Web Network telah mengakui kurang cekatannya dalam menangani pesanan domain dari kami dan kami sendiri tidak begitu dirugikan kehilangan nama domain idaman kami. Kami lalu mengganti nama domain pesanan yang gagal dipesan dengan nama domain lain.

Setelah sempat beberapa waktu kami kembali puas dengan pelayanan MWN, pada tanggal 16 September 2007 kami kembali lagi dikecewakan PT. Master Web Network. Hal ini bermula dari niatan kami mengupgrade hosting web kami, RumahkuSurgaku.com, dari paket bisnis A ke paket bisnis B dengan masa kontrak enam bulan. Setelah kami melakukan pembayaran invoice upgrade paket tanggal 13 September 2007, kami langsung melakukan konfirmasi pembayaran via web masterwebnet.com dan yahoo messenger (ym) billing MWN. Jawaban yang kami peroleh dari proses konfirmasi tersebut hanyalah ungkapan “proses konfirmasi sedang dilakukan, harap bersabar”. Namun hingga hari Minggu tanggal 16 September 2007, proses upgrade hosting domain kami ternyata belum juga diproses. Hari itu juga kami mengirimkan email keluhan mengenai lambatnya konfirmasi pembayaran upgrade ke pihak manajemen MWN. Baru pada tanggal 18 September 2007 keluhan kami ditanggapi pihak manajemen MWN dengan mengupgrade paket hosting domain kami .

Sayang, lagi-lagi kami dibuat kecewa. Upgrade paket ke bisnis B yang kami anggap dapat meningkatkan jumlah space hosting dua kali lipat malah membuat jumlah space hosting kami berkurang dua kali lipat. Lagi-lagi kami harus melakukan protes ke pihak MWN. Pihak MWN menanggapinya dengan cepat, sehari setelah kami mengajukan protes, MWN mengupgrade space hosting sesuai harapan kami. MWN mengaku kejadian di-downgradenya space hosting kami disebabkan oleh kesalahpahaman (Apakah seperti ini yg dimaksud “Best Service” ?? Membuat pelanggan menunggu hingga lima hari dan terjadi kesalahpahaman ??)
Masalah ternyata belum juga berakhir, beberapa kali server hosting RumahkuSurgaku.com down yang membuat member kami protes karena RumahkuSurgaku.com tidak dapat diakses. Hal inilah yang membuat kami kehilangan kesabaran terhadap pelayanan PT. Master Web Network.

Akhirnya dengan berat hati kami terpaksa memutuskan untuk memindahkan name server hosting domain RumahkuSurgaku.com ke name server perusahaan web hosting luar negeri. Akan tetapi, proses pemindahan name server hosting tidak semudah yg kami kira, kami disyaratkan MWN untuk mengirimkan surat pernyataan pindah server hosting ke kantor MWN di Jakarta dengan dilengkapi KTP dan materai. Kamipun menuruti prosedur tsb karena tidak ada pilihan.

30 Nopember 2007, MWN menyerahkan userid dan password untuk memanage domain kepada kami via email. Kami kemudian menggunakan userid dan password yang diberikan tersebut guna memanage domain kami, namun ternyata userid dan password kami tidak match. Kami gagal masuk ke sistem pengelolaan domain. Sekali lagi kami harus protes ke MWN dan direspon dengan mengirimkan ulang userid dan password yang benar tiga hari kemudian (untuk mengubah password butuh waktu tiga hari ???). Akhirnya kami dapat memindahkan name server RumahkuSurgaku.com ke server hosting kami di luar negeri dengan durasi satu tahun.

Didasari rasa kapok dengan pelayanan MWN, tanggal 10 Desember 2007, kami mulai memproses transfer domain RumahkuSurgaku.com ke perusahaan web hosting lokal lainnya (Imediabiz). Imediabiz merespon permintaan transfer domain dengan cepat, hanya dalam hitungan jam kami telah dilayani. Kami pun mengira proses transfer domain telah berlangsung wajar.

Tanggal 16 Januari 2008, tiba-tiba muncul email tagihan dari MWN untuk memperpanjang domain dan informasi waktu expirednya domain RumahkuSurgaku.com. Kami kaget, bukankah kami telah memperpanjang domain RumahkuSurgaku.com ke perusahaan lain dengan durasi satu tahun ? Iseng-iseng kami lalu membuka who.is dan mengetik RumahkuSurgaku.com, betapa terkejutnya kami tanggal expired RumahkuSurgaku.com tinggal beberapa hari lagi. Kami lalu mengkonfirmasi ke Imediabiz. Imediabiz kembali merespon keluhan kami dengan baik dan beberapa kali melakukan transfer domain. Namun setelah empat kali dicoba transfer, hasilnya selalu error alias gagal. Imediabiz menyatakan domain RumahkuSurgaku.com telah dilock sehingga proses transfer domain tidak dapat dilakukan.

Lagi-lagi kami coba protes ke MWN via technical support dan mencari informasi penyebab dilocknya domain kami. Technical Support MWN lalu menerangkan bahwa suatu domain otomatis dilock apabila domain baru terdaftar dan belum 60 hari atau telah terdaftar dan lebih dari 60 hari namun masa kedaluarsanya tinggal (expire) 30 hari lagi. Transfer domain hanya dapat dilakukan 30 hari sebelum masa domain tersebut expired.

Kami lalu disarankan untuk memperpanjang domain RumahkuSurgaku.com dulu di MWN lalu mentransfernya bila masih ingin mentransfer ke perusahaan web hosting lainnya.

Kami terus terang merasa sangat kecewa karena syarat/ketentuan transfer domain tersebut tidak pernah diungkapkan kepada kami sebelumnya. Toh, kami sebenarnya telah memproses transfer domain via Imediabiz pada tanggal 10 Desember 2007 atau 42 hari sebelum masa domain kami expire namun gagal.

Melihat waktu yang expire domain kami yang tinggal 5 hari ini, kami lagi-lagi tidak ada pilihan untuk tidak memperpanjang domain kami di MWN. Kami terpaksa kembali memperpanjang domain kami di MWN daripada kami kehilangan nama domain kami. Semoga saja, ini transaksi terakhir kami dengan MWN. Kami lelah menjadi pelanggan perusahaan web hosting dengan predikat “Best Service 2007” (katanya) ini.

Bagi para pembaca, kami sarankan hati-hati bertransaksi dengan PT. Master Web Network (MWN) yang mengklaim dirinya pernah mendapat predikat Ranking No. 1 Perusahaan Web Hosting di Indonesia oleh lembaga situs portal riset statistik terbesar (Webhosting.Info).

Kurniawan Subiantoro
Founder&Owner RumahkuSurgaku.com

HeadEnd TelkomVision Cibinong
Komplek Stasiun Pengendali Utama Satelit PT Telkom
Jl Raya Narogong KM 26,5 Klapanunggal
Bogor – Jawa Barat

Leave a comment

Your email address will not be published.


*