Tak Ada Tempe, Kacang pun Jadi

goreng_tempe_tahu
wah wah wah Tempe bakalan Langka Neh. Padahal Tempe dan tahu makanan enak. Ini pasti gara2 Kentucky buka lagi di Airlangga Square jadinya tempe makin mahal. Ini trick ato tips pemerintah neh biar barang dalam negeri mahal dan barang imporan murah…. kapan maju neh negara kl begini. Baca neh petikan dari detik :

Tahu dan tempe yang dulu makanan ‘rendahan’, kini menjadi makanan elit sejak harganya melonjak akibat kenaikan harga kedelai. Akibatnya, selain tidak bisa menikmati lezatnya tahu tempe, bukan tidak mungkin akan terjadi krisis protein.

Protein merupakan salah satu gizi yang penting bagi tubuh, apalagi dalam usia pertumbuhan, perlindungan jaringan tubuh dan masa penyembuhan. Oleh karenanya, menu tahu tempe sudah menjadi langganan di setiap rumah sakit.

Di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, kenaikan harga tahu tempe ini tidak berpengaruh terhadap penyediaan menu tahu tempe. Menurut Kepala Instalasi Gizi RS Hasan Sadikin, Miranti Gutawa, pasien tetap disuguhkan dengan porsi tahu tempe yang sama.

Persediaan tahu tempe di rumah sakit saat ini memang masih memadai, kalau pun nanti berkurang pihak rumah sakit akan mencari alternatif.

“Protein itu kan tidak hanya dari tahu tempe, bisa juga dari kacang-kacangan. Jadi kalau nanti persediaan benar-benar terbatas, mungkin kita akan pakai alternatif protein dari kacang-kacangan.” ujar Miranti di RS Hasan Sadikin, Selasa (22/1/08).

Menurut Miranti, kombinasi tempe dengan singkong atau makanan karbohidrat lainnya juga bisa menjadi alternatif. “Kombinasi itu tidak berbahaya, mungkin bisa juga jadi alternatif baru. Meskipun sebenarnya tempe lebih mudah untuk diolah tubuh, karena sudah difermentasi.” tambah adik perempuan musisi Erwin Gutawa ini.

Selain mengkombinasikan tempe dengan jenis makanan lain, alternatif lain yang bisa jadi pilihan yaitu mengganti tempe dengan kacang-kacangan. Nilai protein yang terkandung dalam 20 gram tempe sama besarnya dengan dua setengah sendok makan kacang hijau.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*