Menikah Lebih Sehat Ketimbang Lajang

Selama ini banyak yang berpikir status sama sekali tidak berpengaruh terhadap kesehatan. Namun sebuah penelitian dapat membuktikan, bahwa seseorang yang menikah lebih sehat ketimbang yang masih lajang.

Professor Julianne Holt-Lunstad dari Universitas Brigham Young, Utah, Amerika Serikat menemukan bahwa pasangan yang pernikahannya bahagia mempunyai tekanan darah yang lebih teratur dibandingkan dengan seseorang yang masih lajang dan memiliki lingkungan keluarga atau teman-teman yang baik.

Hal tersebut cukup mengejutkan. Ternyata dukungan dari pasangan bisa mempengaruhi tekanan darah seseorang menjadi lebih baik. Bahkan dukungan dari sahabat atau keluarga dekat, tak bisa mengalahkan keajaiban dari dukungan pasangan yang pernikahannya bahagia.

“Itu adalah salah satu keuntungan unik dari pernikahan,” ujar Julianne yang dikutip dari Reutershealth, Senin (24/3/2008).

Lebih lanjut Julianne menjelaskan, pernikahan yang dimaksud haruslah pernikahan yang bahagia. Kebahagiaan seseorang itu yang mempengaruhi tekanan darahnya. Semakin bahagia, maka tekanan darah akan menjadi normal. Risiko penyakit jantung pun dapat dihindari.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*