Mengatasi Permalink Pada LxAdmin

lxadmin-headerAkhirnya berhasil juga memindahkan neh site jadul.com ke Indonesia. Walaupun dengan susah payah argh….. LxAdmin tidak suport akan permalink. Akhirnya pindah ke apache. Setelah memakai apache hm…. memory VPS down argh…. Bingung juga. Setelah kejadian ini terpaksa deh VPSnya Rebuild. O iya. Jadul membeli VPS di vps.co.id murah banget bro. Rp 198rb 1 bulan dengan BW IIX unlimited. Enak kan dengan VPS kita 100% memegang penuh atas server kita. Mau kita install apa kek mau install ini kek mau install itu kek terserah. Yang penting Memory mencukupi dan load server tak terlalu tinggi.

Ternyata lighty (lighttpd) ga bisa mod_rewrite. Ga seperti Apache yang bisa menggunakan mod_rewrite sesuka hati jadi kita bisa merubah 404 menjadi sesuka hati kita. Ok kita mulai. Yuk pengenalan LX-Admin.

1 Buka di browser https://jadul.com:7777 atau bisa juga https://ip_address:7777.

lx-admin-login

LxAdmin Login Form

2. Masukkan username dan password. Untuk pertama kali menginstall LxAdmin biasanya user defaultnya “admin” dan login defaultnya “admin” juga.

3. Setelah login kita akan disuguhkan menu-menu yang sangat user friendly. Hampir sama dengan Cpanel walaupun banyak perbedaannya tapi tasty banget deh.

lx-admin-home

LxAdmin Home

4. Pertama kita harus mengganti Password default. Waktu pertama membuka halaman ini akan terdapat form yang menyarankan kita untuk mengganti password admin default.

5. Misalnya kita mau menggunakan Apache sebagai server default kita dan tidak menginginkan menggunakan lighttpd. Tekan menu “Server : linux” pada tanda + nya, trus tekan “Switch Program”. Pada box “Switch Program for localhost” bagian “Web” ganti dengan apache.

LxAdmin switch program

LxAdmin switch program

lx-admin-switch-program-apache

LxAdmin switch program to apache

Nah biarkan system bekerja. Untuk menginstall apache pada VPS kita. Jadi intinya pada saat ini, lighttpd diunistall dan apache (httpd) di install. Dengan menggunakan command yum -y install httpd

5. Kalau sudah selesai,  VPS kita sudah menggunakan Apache. Tapi jadul sarankan jangan menggunakan apache. Karena apache membutuhkan resource memory yang besar. Jadi walaupun hanya menaruh 1 blog disana, dengan memory 256 mb pasti akan drop dan server akan hang. Jadi jadul sarankan tetap menggunakan Lighttpd sebagai server default bawaan LxAdmin.

6. Add User. Cukup klik pada menu “client”. Dan pada tab “add costumer” isikan nama client yang ingin di add. Dan klik add untuk menambahkan client

LxAdmin add costumer

LxAdmin add costumer

7. Selanjutnya menu untuk konfigurasi berapa domain maksimal yang bisa di add oleh client tersebut, total traffik, total disk space, number of ruby process, dll dll. Liat sendiri aja dah

lx-admin-add-costumer-misc

LxAdmin add costumer misc

Ok selesai dah kita bekerja dari sisi admin. Sekarang kita mencoba dari sisi Client.

1 Buka di browser https://jadul.com:7777 atau bisa juga https://ip_address:7777.

lx-admin-login

LxAdmin Login Form

2. Masukkan username dan password.

3. Setelah login kita akan disuguhkan menu-menu yang sangat user friendly. Hampir sama dengan Cpanel walaupun banyak perbedaannya tapi tasty banget deh.

lx-admin-home-client

LxAdmin client home

4. Pertama kita add domain. Klik pada menu domain di samping kiri.

lx-admin-add-domain

LxAdmin add domain

Klik pada tulisan yang berwarna merah ”

LxAdmin add domain misc

LxAdmin add domain misc

Isikan nama domain, document root. klik tombol add pada pojok kanan bawah.

OK untuk add domain sudah selesai mari kita configure untuk penggunaan wordpress.

1. Click menu domain. Keluar tampilan daftar domain kita. Klik pada domain.

LxAdmin domain configure

LxAdmin domain configure

LxAdmin domain menu

LxAdmin domain menu

menunya hampir sama dengan cpanel.

2. Untuk add database click pada menu resource – Mysql Databases.

LxAdmin add databases

LxAdmin add databases

Ok kerjaan add databases selesai. Untuk instalasi wordpress harap merujuk ke http://wordpress.org.

Sekarang masalah pentingnya. Pada LxAdmin, tidak terdapat .httaccess yang dibutuhkan oleh wordpress untuk membuat permalink. Karena permalink membutuhkan metode rewrite. Pada server apache hal ini tidak masalah. Tapi pada server lighttpd hal ini sangat bermasalah. Dan jika kita mengeset permalink pada setingan wordpress, akan terjadi 404 bad request. Hal ini sangat mengganggu.  Untuk mengatasi masalah ini LxAdmin yang di motori oleh LxLabs telah membuat menu permalink pada LxAdmin. Untuk itu yuk kita lihat.

Pada menu script – permalink, ada form yang mengisikan tentang permalink ini.

LxAdmin permalink

LxAdmin permalink

permalink setting

permalink setting

Ok kerjaan kelar. Ga ada lagi masalah tentang permalink pada lighttpd. Ga perlu lagi kita menginstall apache yang membutuhkan resource gede banget. Memory VPS yang hanya 256 hancur jeblok. Jadi sekarang cukup menggunakan lighttpd yang ringan wes wes. Memory yang kepakai masih dibawah 100 mb. Jadi aman deh.

Selamat Mencoba

Leave a comment

Your email address will not be published.


*