Hoax Teh Botol Sosro Benar Atau Tidak

Hoax Teh Botol Sosro

Hoax Teh Botol Sosro

Hoax Teh Botol Sosro Sudah dengar kan Teh Botol Sosro, yang slogannya “apapu makanannya minumnya teh botol sosro”. Yeah sekarang santer beredar bahwa teh botol sosro beracun mengandung DHMO yang artinya Dihidrogen Monoksida. Yang mana DHMO = H2O yang tidak lain adalah air. Hoax teh botol sosro awal mulanya hanya sebuah ide untuk meningkatkan penjualan (marketing) teh botol sosro. Hoax teh botol ini di sebarkan oleh orang yang sangat baik. Dengan memanfaatkan kelemahan masyarakat dibidang kimia. Apakah masyarakat tau apa itu Dihidrogen Monoksida? 

Yah ini merupakan strategi terbalik dalam mempromosikan sebuah produk. Dengan menjelek2an suatu produk diharapkan masyarakat akan merasa penasaran dan berani mencoba. Menurut kabar detik, hal ini merupakan hoax untuk teh botol sosro. Hoax teh botol sosro ini telah di analisa. Berikut adalah analisa Alfons terhadap kabar bohong yang telah menyebar itu:

Pembuat hoax ini cukup piawai, karena ia langsung menyentuh ketakutan orang tua masa kini, dimana yang menjadi korban adalah anak kecil yang rewel. Siapa yang tidak khawatir kalau anaknya sakit?
Hidroxilic acid atau dihidrogen monoksida. Mungkin nama ‘seram’ berbau kimia ini yang meyakinkan mayoritas orang awam percaya dan memutuskan untuk mem-forward email ini. Dimana sering terjadi orang meninggal karena keracunan Karbon Monoksida (CO) di dalam mobil yang diparkir dan tetap dinyalakan mesinnya. Tetapi perlu anda ketahui bahwa dihidrogen monoksida adalah dua (di) hidrogen, satu (mono) oksida ditulis dengan nama H2O yang artinya air.
Pembuat hoax berusaha mendapatkan pengesahan dari sumber terpercaya seperti “Universitas terkenal di Amerika”. Universitas yang mana ?
Hoax ini menakuti korbannya dengan kalimat “Sedetik saja gejala kelebihan ini terlambat ditangani, nyawa pasien melayang,” jawab Dr. Priyadi Handoko, ahli kesehatan dari IKDN. Padahal siapa Dr. Priyadi Handoko dan apa itu IKDN tidak dapat ditemukan dan tidak dapat memberikan konfirmasi.
Lalu tidak lupa pembuat hoax ini ‘menghimbau’ penerima berita untuk meneruskan informasi ini dengan kalimat “Please spread the words. Sebarkan berita ini kepada orang-orang yang kamu sayangi, sebelum semuanya terlambat! Perangi hydroxylic acid!”

Dan berikut klasifikasi dari Teh Botol Sosro tentang hoax teh botol sosro beracun :

Klarifikasi Tehbotol Sosro Mengenai HOAX Hydroxilic Acid

Bapak/Ibu/Yth

Sehubungan dengan beredarnya isu mengenai produk kami Tehbotol Sosro mengandung zat berbahaya yang disebut Hydroxilic acid, yang Bapak/Ibu terima melalui email, maka perlu kami sampaikan bahwa isu dalam email tersebut adalah TIDAK BENAR.

Semua informasi HOAX (Tipuan yang menyebar lewat Internet) mengenai Hydroxilic acid atau Dihydrogen Monoxide dapat kita periksa di Wikipedia.org melalui http://en.wikipedia.org/wiki/Dihydrogen_monoxide_hoax

Situs ensiklopedi terkemuka dan terpercaya di dunia maya tersebut menjelaskan bahwa Hydroxylic acid atau disebut juga Dihydrogen Monoxide adalah nama ilmiah AIR (water = H20). Jadi, kita tidak perlu bereaksi berlebihan, karena semua makanan dan terutama minuman pasti mengandung air. Begitu pula yang dimuat dalam detik.com edisi Senin 11 Mei 2009, yang dapat diakses di detikinet.com

Munculnya HOAX Tehbotol Sosro ini berawal dari diskusi tertutup di milis periklanan Indonesia CCI (Creative Circle Indonesia) pada akhir April 2009 tentang komunikasi menggunakan negative approach dengan contoh kasus Tehbotol Sosro. Hal ini diakui oleh pencetusnya, yang ditulis di blog beralamat http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/hydrocylic-acid-hoax-teh-botol-sosro/ dengan judul Hydroxylic Acid: Hoax Teh Botol Sosro (Kamis, 7 Mei 2009).

Diskusi tertutup tersebut kemudian disalahgunakan pihak-pihak tertentu, dengan memelintir isinya seolah-olah Tehbotol Sosro mengandung zat berbahaya Hydroxylic acid dan menyebarkan melalui email dan milis lain.

Kami merasa telah terjadi rekayasa yang mendiskreditkan Tehbotol Sosro secara tidak bertanggungjawab. Tehbotol Sosro sudah lebih dari 35 tahun melayani pasar Indonesia dan dikonsumsi oleh jutaan masyarakat Indonesia setiap hari dan sampai saat ini masih menjadi pilihan utama konsumen. Tehbotol Sosro adalah produk unggulan Nasional yang hanya berisi Teh pilihan, Gula pasir, dan Air.

Semoga penjelasan ini dapat menghilangkan keraguan Bapak/Ibu dalam mengkonsumsi Tehbotol Sosro.

Salam,
Manajemen PT. Sinar Sosro

Catatan :
Semua info tentang Hoax bisa dilihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Dihydrogen_monoxide_hoax
Pengakuan Pencetus Hoax dan permohonan maafnya dapat diakses melalui http://hariadhi.wordpress.com/2009/05/07/permintaan-maaf-untuk-teh-botol-sosro/
Penjelasan ini dapat dilihat juga di situs resmi http://www.sosro.com
Ulasan yang mengatakan Tehbotol korban penipuan lihat di detik.com klik di detikinet.com

Yah diharapkan masyarakat berhati-hati atas kabar burung teh botol sosro beracun. Hoax teh botol sosro  mungkin hanya obrolan semata yang kemudian tersebar luas di internet.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*