Google Page Rank Pentingkah?

internet-traffic-monitor-02Banyak para bloger Indonesia lebih mementingkan PR ketimbang SERP. Tapi menurut jadul.com PR tidak begitu penting. Anggapan sekarang adalah PR tinggi pasti menduduki rangking pertama pada search engine. Tapi Hal itu sebenarnya tidak begitu benar. Yang bermain disini adalah keyword. Bukan PR. Mungkin PR bisa mengangkat rangking search di google. Tapi SERP lebih penting dari PR. PR adalah Page Rank atau google page rank atau rangking yang diberikan google berdasarkan kualitas backlink atau jumlah backlink yang didapat. Sedangkan SERP adalah Search Engine Result Page.

Jadi kita tahu lah bedanya dimana. Sebagai contoh. Mungkin banyak para bloger yang memiliki PR besar tapi bingung kenapa PR saya tinggi kok ga ada trafik? Pertanyaan simple bukan. Sekarang mana lebih penting menurut para bloger sekarang PR atau SERP. Kalau jadul sih yang penting itu SERP. Keyword manjur SERP mantap Trafik meningkat. Jadi apakah fungsinya PR? Ini ada pengalaman sedikit tentang PR. Ada salah satu web jadul yang ber PR 3-4 tapi trafik ga sampai 100 per hari. Tapi ada web yang PR 0 tapi trafik sampai 3000 sehari. Jadi kalau menurut jadul adalah trafik is the best. 

Di salah satu web forum terkenal yang membahas tentang Webmaster, ada salah satu post yang menanyakan apakah Google Page Rank itu penting?  Ada beberapa master yang menjawab tentang ini.

Pertanyaannya adalah :

As I read some people write in their blog. They said the page with higher page rank will be placed in the first result if the search keyword is the same like my website.
Even though our page rank is 0, we gain some traffic from google because we have submitted sitemap to google webmaster tools.

Pertanyaannya kira-kira berarti: “Seperti yang telah saya baca pada beberapa orang yang menulis dalam blog mereka. Mereka mekatakan bahwa halaman yang memiliki Page Rank yang tinggi akan menempati urutan pertama jika mencari keyword yang sama dengan website saya. Tetapi seperti yang saya tahu, halaman suatu situs walaupun memiliki PR 0, akan menghasilkan trafik dari google karena kita telah memasukkan sitemap situs atau website kita pada google webmaster tools”.

Dan ini memberikan berbagai jawaban yang mungkin akan memalingkan atau merefresh atau menyegarkan otak kita yang terpaku pada Google Page Rank.

Jawaban Pertama :

I think if you have really unique and good contents then your site still able to get better rank in SERP’s without backlinks. If that site has really good keywords on that pag,e it’s really easy to get first page on google.

Artinya kira-kira adalah “Saya berpikir, jika anda memiliki content yang benar-benar unik dan bagus maka situsmu akan tetap memiliki rangkin pada SERP tanpa memiliki backlink. Jika website tersebut memiliki keyword yang bagus dan mantap yang kira-kira relevan dengan website anda, maka itu akan memberikan hasil yang mudah untuk mendapat halaman pertama atau 10 besar pada google search”.

Jawaban tentang masalah ini dapat di lihat di http://www.webhostingtalk.com/showthread.php?t=883467

Ada juga jawaban yang mengatakan bahwa PR tidak melakukan apapun untuk website anda. Tapi Anchor Link pada pada keyword di backlink yang kita tebar  yang terletak pada site yang memiliki PR tinggi akan memberikan keyword kita menjadi no satu di google. Nah lo… jadi bingung kan?

Tapi menurut jadul adalah PR tidak terlalu penting untuk jadul. Tapi SERP itu yang penting. Dan Keyword pada Anchor Link pada beberapa site akan memberikan nilai SERP yang tinggi. Nilai SERP yang tinggi pada keyword tersebut akan memberikan Rangking yang tinggi pada urutan pencarian di search engine. Caranya adalah ya kembali ke backlink itu tadi. Menanam Backlink dengan Anchor Link berisi keyword website kita… ha ha ha ha ha. SEO emang membingungkan.

Leave a comment

Your email address will not be published.


*