24 Desain Jadul Website Terkenal Saat Pertama Diluncurkan

Anda ingin melihat desain tampilan lama website terkenal ketika masih jadul? Penasaran donk bagaimana tampilan Facebook, Twitter, Google, Yahoo, Youtube, Wikipedia dan lainnya jaman dulu ketika awal-awal kemunculannya.

Tampilan website – website dulu memang tidak sebagus sekarang, hal tersebut karena teknologi website saat itu memang masih kurang mumpuni.

Dulu pembuatan website banyak menggunakan tabel. Untuk gambar bergerak menggunakan file .GIF dan pewarnaannya pun belum terlalu dipikirkan dengan baik.

Untuk mengenang masa-masa tersebut, mari kita bernostalgia dengan melihat tampilan jadul dari beberapa website terkenal yang sekarang menjadi raksasa – raksasa di dunia maya.

1. Google.com – Diluncurkan pada tahun 1996

Didirikan pada tahun 1996 oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka mengambil gelar PdD di Stanford University, California. Google kini menjadi mesin pencari nomor satu di dunia.

tampilan lama google

2. Facebook.com – Diluncurkan pada tahun 2004

tampilan lama facebook

Didirikan oleh Mark Zuckerberg delapan tahun lalu ketika dia masih kuliah di Harvard, pertama di kenal dengan nama The Facebook. Kini sudah memiliki 1.23 miliar pengguna diseluruh dunia.

3. Myspace.com – Diluncurkan pada tahun 2003

tampilan lama myspace

Sebelum ada Facebook, terlebih dahulu ada MySpace, sosial media ini menjadi pilihan para remaja pada tahun 2000an. Rupert Murdoch membeli kembali situs pada tahun 2005 dengan harga $580 juta. Setelah bertahun-tahun ternyata penggunanya berpindah ke berbagai alternatif seperti ke Facebook, tumblr dan lainnya, sehingga Murdoch menjualnya pada tahun 2011 yang kabarnya hanya $35 juta, disebut sebagai pembelian yang salah.

4. Yahoo.com – Didirikan pada tahun 1994

tampilan lama yahoo

Yahoo pada awalnya adalah web portal yang dibuat oleh mahasiswa elektro David Filo dan Jerry Yang pada tahun 1994, website ini dulu adalah panduan utama untuk World Wide Web, istilah Yahoo sendiri adalah singkatan dari Yet Another Hierarchical Officious Oracle.

5. Msn.com – Diluncurkan pada tahun 1995

tampilan lama msn

Microsoft Network (MSN) pertama diluncurkan pada tahun 1995 untuk menghadirkan sebuah internet service provider (ISP) dan portal untuk masyarakat. Sekarang sudah sangat terkenal.

6. Youtube.com – Diluncurkan pada tahun 2005

tampilan lama youtube

Youtube didirikan ketika ada insiden terlihatnya ‘puting’ Janet Jackson di acara Super Bowl 2004. Sang pendiri melihat banyak orang kesulitan mencari video tersebut dan terinspirasi membuat Youtube. Kini menjadi situs sharing vidoe nomor satu di dunia.

7. Flickr.com – Diluncurkan pada tahun 2004

tampilan lama flickr

Flickr adalah situs hosting gambar dan video yang paling populer saat ini, situs ini kabarnya menerima upload gambar hingga 3,5 juta gambar setiap harinya.

8. Apple.com – Diluncurkan pada tahun 1997

Situs Apple sejak awal sudah ada kesan warna putih pada websitenya. Pada awal berdiri ada iklan Apple eMate 300 pada bagian kanan, yaitu asisten digital sejak tahun 1997 hingga 1998.

tampilan lama apple

9. Tumblr.com – Diluncurkan pada tahun 2007

Platform microblogging Tumblr mulai hidup sebagai jejaring sosial dan mini blog. Sekarang mereka sudah memiliki 170.2 juta blog dan memiliki lebih dari 68.8 miliar postingan.

tampilan lama tumblr

10. News.bbc.co.uk – Didirikan pada tahun 1996

Awalnya BBC dikenal dengan sebutan www.bbcnc.org.uk, dengan ‘nc’ yang mewakili jaringan klub (network club). Pengguna yang ingin mengakses situs ini harus membayar biaya pendaftaran sebesar 20 euro, disamping bayar bulanan sebesar 12 euro, dan bisa melakukan pembicaraan pada papan buletin utama. BBC.co.uk diperkenalkan pada tahun 1996.

tampilan lama news bbc

11.  Twitter.com – Diluncurkan tahun 2006

Siapa yang tidak mengenal Twitter saat ini, Twitter diciptakan pada bulan Maret 2006. Sekarang termasuk salah satu dari sepuluh situs paling banyak dikunjungi di dunia, dan salah satu startup paling sukses sepanjang masa dalam hal kapitalis pasar.

tampilan lama twitter

12. CNN OJ Simpson murder trial – Diluncurkan pada tahun 1996

Yang luar biasa dari situs ini adalah tidak pernah di update dan diubah sejak tahun 1996, website ini didirikan untuk percobaan pembunuhan OJ Simpson

tampilan lama cnn oj

13. Telegraph.co.uk – Didirikan pada tahun 1994

Telegraph didirikan pada tahun 1994, merupahan surat kabar pertama di Inggris yang memiliki website sendiri, yang disebut dengan Electronic Telegraph. Meskipun desain berubah, namun dedikasinya tetap untuk memberikan berita.

tampilan lama telegraph

14. eBay.com – Didirikan pada tahun 1995.

Ebay dulunya dikenal dengan nama AuctionWeb, Homepage nya abu-abu dan menariknya kini tumbuh menjadi situs lelang terbesar di dunia, yang menghubungkan dunia melalui perdagangan antara pembeli dan penjual. Ebay didirikan oleh Pierre Omidyar yang sebelumnya ingin membuat echobay.com namun domainnya sudah lebih dulu terdaftar untuk perusahaan tambang emas, lalu dia menyingkat menjadi eBay.

tampilan lama ebay

15. LinkedIn.com – Diluncurkan pada tahun 2003

tampilan lama linkedin

LinkedIn disebut sebagai jejaring sosial untuk kalangan profesional. LinkedIn diluncurkan pada tahun 2003 oleh Reid Hoffman. Di Amerika Serikat saja digunakan oleh 93 juta pengguna atau sekitar 29,9 persen dari populasi.

16. Wikipedia.org – Diluncurkan pada tahun 2001

Wikipedia di dirikan pada tahun 2001 sebagai sebuah sumber ilmu pengetahuan, dan kini sudah memiliki 300 juta artikel.

tampilan lama wikipedia

17. Blogger.com – Didirikan pada tahun 1999

tampilan lama blogger

Blogger adalah layanan blogging untuk para blogger yang dikelola oleh Google, Blogger saat ini termasuk yang cukup banyak digunakan untuk ngeblog secara gratisan.

18. Whitehouse.gov – Diluncurkan pada tahun 1995

tampilan lama whitehouse

Whitehouse didirikan pada 20 tahun lalu, dan ini adalah situs untuk informasi seputar istana presiden amerika yang dikenal dengan nama gedung putih, tampilan website ini biasanya akan berubah seiring dengan pergantian presiden Amerika.

19. Warnerbros.com Space Jam – Diluncurkan pada tahun 1996

Dalam sejarah internet, Space Jam adalah sub dari website warnerbros, website tersebut belum dihapus dan belum diperbaharui sejak tahun 1996.

tampilan lama warner bros spacejam

20. Nytimes.com – Diluncurkan pada tahun 1995

New York Times membuat sendiri situs mereka pada tahun 1995, website ini disebut sebagai salah satu sumber berita terbaik untuk berita online di dunia.

tampilan lama nytimes

21. Instagram.com – Diluncurkan pada tahun 2010

Instagram memulai hidup sebagai Burbn yaitu sebuah bentuk mobile photograpy check-in, yaitu hampir mirip dengan Foursquare saat ini. Hal ini telah berkembang menjadi salah satu platform yang paling sukses sebagai tempat berbagi foto di dunia, dan kemudian dibeli oleh Facebook dengan harga $1 miliar pada tahun 2012.

tampilan lama instagram

22. Craigslist.org – Diluncurkan pada tahun 1995

Graigslist awalnya adalah sebuah distribusi daftar email yang berfokus pada acara lokal di San Francisco sebelum menjadi website pada tahun 1996.

tampilan lama craigslist

23. Dell.com – Diluncurkan pada tahun 1996

Setelah Dell didirikan sebagai sebuah perusahaan pada tahun 1984, perusahaan meluncurkan situs 12 tahun kemudian

tampilan lama dell

 

24. Amazon.com – Didirikan pada tahun 1995

Amazon digambarkan sebagai sebuah situs toko buku online, didirikan oleh Jeff Bezos, dia ingin sebuah nama yang dimulai dengan huruf A, dan akhirnya memilih nama Amazon yang dianggapnya “eksotis dan berbeda”. Tampilan dan fungsi website ini dari dulu hingga sekarang tidak terlalu banyak berubah.

tampilan lama amazon

Itulah beberapa tampilan jadul dari situs terkenal yang sekarang sudah menjadi website raksasa, seperti dilansir laman telegraph.co.uk (21/12/2015)

Sumber : http://www.jurnalweb.com/desain-jadul-website-terkenal-saat-pertama-diluncurkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *