Inilah 11 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Inovasi teknologi datang dan pergi. Banyak teknologi yang populer pada masanya kini sudah sulit untuk ditemui lagi. Namun  11 teknologi ini cukup berbeda.

Selain tingginya popularitas di masa jayanya hingga membuatnya menjadi legenda dan melekat kuat di kalangan penggunanya, fungsi dan fitur beberapa teknologi ini juga masih relevan untuk digunakan sampai sekarang.

Artinya meskipun sudah dibuat pada era kakek nekek, orang tua, atau saat kita kecil dulu, tetapi kita masih bisa menemuinya dengan sangat mudah di sekitar kita.

Perkembangan teknologi yang begitu cepat nampaknya juga belum mampu untuk menggerus 11 teknologi jadul ini secara tuntas.

Lalu apa saja 11 teknologi jadul tersebut? Inilah beberapa diantaranya:

11. Windows XP

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sang legenda ini nampaknya cukup sulit untuk benar-benar hilang dari peredaran. Meskipun Microsoft sudah menghentikan support, patch, dan update bagi Windows XP, banyak kalangan masih enggan beralih dari OS tua ini.

Perkantoran, fasilitas usaha, fasilitas umum dan pemerintahan, pertokoan, hingga warnet dan sekolah masih banyak yang menggunakan OS ini. Bahkan yang lebih greget lagi, mesin ATM maupun kalangan perbankan juga masih ada yang menggunakan OS ini.

10. Fax

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sekarang tentunya kamu bisa melakukan scan dokumen dan mengirimkannya lewat email. Tetapi penggunaan Fax di berbagai kantor dan fasilitas pemerintahan masih tetap menjadi primadona — seolah lupa bahwa scan & kirim dokumen via email sekarang bisa dilakukan dengan mudah.

9. USB 2.0

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sekarang udah mulai masuk era USB Type-C di berbagai device dan smartphone terbaru. Lalu sudah lama juga beredar USB 3.0 dan 3.1. Tetapi nampaknya masih susah bagi kita untuk meninggalkan USB 2.0

Baca juga:  SanDisk Memperkenalkan Flashdisk USB 3.1 dengan Dual Konektor Type-A dan Type-C

Port USB lawas ini masih bisa kita temui di berbagai device mulai dari komputer, laptop, notebook, USB hub, hingga di beberapa hybrid terbaru.

8. BlackBerry

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu siapa yang tidak terlihat keren ketika mententeng BlackBerry dan mengeluarkannya dari saku bajunya?

Tetapi saat ini ketika ngomongin tentang OS mobile, pasti yang paling banyak disebut adalah Android dan iOS.

Bahkan BlackBerry sendiri sudah menyerah dengan OS mereka. Di device BB terbaru mereka BlackBerry Priv, BlackBerry lebih memilih untuk menggunakan Android daripada BlackBerry OS kebesaran mereka.

Namun demikian coba tengok kiri-kanan ketika kamu di mall atau di tempat umum. Pasti sedikit banyak kamu masih bisa menemukan orang yang menggunakan smartphone BlackBerry.

Yep, popularitas BlackBerry di masa lalu membuat device ini masih banyak beredar di sekitar kita, terlebih di Indonesia.

Dan ngomong-ngomong tentang popularitas BlackBerry di masa lalu, masih ingatkah kamu bagaimana ribuan orang rela mengantri berdesak-desakan hingga beberapa diantaranya terinjak-injak dan patah tulang demi untuk mendapatkan BlackBerry Bellagio di Jakarta?

7. Hardisk

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Sudah cukup lama SSD beredar di market teknologi, tetapi teknologi penyimpanan terbaru ini belum juga mampu menggeser hardisk berteknologi lama yang masih menggunakan piringan berputar.

Masalah harga dan besarnya kapasitas memang masih menjadi penghalang bagi SSD untuk bisa menggeser hardisk dari pasaran, meskipun di berbagai device terbaru (hybrid 2-in-one misalnya), penggunaan hardisk sudah jarang ditemui.

6. SMS Banking

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu sebelum ada era internet, SMS banking merupakan teknologi mobile payment paling kece yang membuat kamu bisa bayar dan transfer via mobile.

Sampai akhirnya muncul era smartphone dan internet, dimana kamu bisa melakukan mobile payment melalui web browser atau aplikasi mobile.

Baca juga:  Windows 10 Mobile Build 14393.187 Tersedia untuk Insider Slow dan Release Preview Ring

Namun ternyata dikala mobile payment via internet sudah lama ada, SMS banking tetap menjadi teknologi yang tidak tergantikan. Hingga saat ini beberapa orang masih lebih senang melakukan transfer dan pembayaran via SMS banking daripada internet banking.

5. Port VGA dan DVI

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Pertama kali muncul sejak tahun 1987, port VGA masih bisa kamu temui di berbagai output graphic card ataupun monitor flat terbaru saat ini.

Hal yang sama juga berlaku bagi port DVI yang masih sering ditemui meskipun HDMI sudah menjadi standard baru.

Tahun 2015 yang dikabarkan bakal menjadi akhir bagi port VGA dan DVI nyatanya tidak mampu membuat dua port ini hilang begitu saja dari pasaran.

4. Password

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Password masih menjadi proteksi utama dari setiap account yang kita miliki. Bahkan ketika Microsoft dan banyak perusahaan teknologi lain berusaha “mematikan” password dengan dikembangkannya face, fingerprints, dan retina recognition seperti yang ada di Windows Hello, Password masih tetap tak tergantikan.

Kalaupun nanti bisa digantikan oleh teknologi biometric sensor yang terus bermunculan, bakal membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa menyingkirkan password dari hadapan kita.

3. Optical Drive

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Kalo kamu perhatikan dengan seksama, sebenernya Optical Drive sekarang sudah tidak lagi menjadi bagian krusial dari sebuah PC. Bahkan Optical Drive sudah tidak lagi bisa kita temui di device hybrid 2-in-1 yang memang mengedepankan ringan, tipis, dan portabilitas.

Driver dan software sudah bisa didownload dari internet, dan Windows pun bisa diinstall via USB Flashdisk. Bahkan Windows 10 sudah dijual secara online dalam versi digital serta dalam bentuk USB Flashdisk. (Baca juga: Windows 10 Sudah Mulai Dijual dalam Bentuk Flashdisk)

Namun demikian setiap kali membeli PC atau laptop baru, banyak yang masih memilih device yang dilengkapi dengan Optical Drive. Sebagian besar orang nampaknya juga masih merasa bahwa tanpa DVD-ROM ini PC nya belumlah lengkap.

Bahkan ketika kamu membeli laptop non-OS, driver laptop tersebut masih sering disertakan dalam bentuk CD / DVD.

2. SMS

Inilah 10 Teknologi Jadul yang Sulit Tergerus Jaman

Dulu tidak ada cara lain yang lebih populer untuk berkomunikasi teks via mobile selain melalui SMS. Namun seiring dengan mulai banyaknya aplikasi chat dan messaging seperti BBM, WhatsApp, Line, Skype, Email, Twitter, Facebook Messenger dan sebagainya, penggunaan SMS memang sudah banyak berkurang.

Tetapi berbagai opsi internet messaging dengan segala kecanggihannya tersebut masih belum mampu menghilangkan SMS dari genggaman setiap pengguna mobile.

Seringkali pengguna smartphone masih menggunakan SMS, terlebih jika jaringan internet lagi susah ataupun kuota internet sudah mulai habis.

1. Email

Cara Mengirim Email Melalui Sticky Notes di Windows 10 (1)

Dan inilah legend dari segala legend teknologi jadul yang masih ngeksis hingga saat ini. Pertama kali ditemukan pada tahun 1960an, email masih menjadi bagian yang penting di era modern ini.

Komunikasi bisnis ataupun personal masih banyak yang dilakukan via email. Bahkan mendaftar berbagai layanan dan aplikasi modern juga mayoritas masih menggunakan email.

Dengan fungsi dan penggunaannya saat ini, email mungkin menjadi salah satu teknologi yang paling sulit tergerus jaman.

Itulah 11 teknologi yang meskipun sudah jadul, tetapi masih banyak kita temui di sekitar kita. Bahkan kamu sendiri mungkin masih sering menggunakan beberapa diantaranya.

Dari 11 teknologi jadul diatas, mana yang masih sangat sering kamu gunakan dan mana yang sudah tidak pernah kamu gunakan lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *