Jadul vs Kekinian, Inilah Potret Seragam SMA Dari Masa Ke Masa

Seperti lagu sang legendaris chrisye masa-masa paling indah adalah masa SMA, dimana kita bebas berekspresi dan bebas meluangkan segala kegilaan kita.

SMA memang selalu lekat dengan momen paling indah dalam sejarah sekolah. Saat itu kamu akan menganal namanya cinta dan kamu akan dibuat melayang dengan cinta. SMA bisa juga awal dari semua mimpi yang akan kamu wujudkan kelak. Dari SMA kamu akan memulai masa yang lebih menantang dalam hidup.

Saat SMA kamu akan melakukan banyak kesalahan dan kelak ketika dewasa menyadari itu semua. Karena itulah seragam pelajar SMA berwarna abu-abu. Warna yang masih bingung hitam atau putih.

Berbicara soal seragam SMA, Indonesia Indonesia sudah banyak sekali menjalani era. Selama era-era itu pula seragam SMA sudah bertranformasi.

Diawali dengan era 80-an

Masih ingat dengan “Gita Cinta dari SMA”. Film yang bercerita tentang kisah cinta dua pelajar SMA yaitu Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Dalam film tersebut jelas sekali terlihat bagaimana seragam yang mereka gunakan yang lebih menonjolkan kerapian dan kesopanan.

Diawali dengan era 80-an

Masih ingat dengan “Gita Cinta dari SMA”. Film yang bercerita tentang kisah cinta dua pelajar SMA yaitu Galih (Rano Karno) dan Ratna (Yessi Gusman). Dalam film tersebut jelas sekali terlihat bagaimana seragam yang mereka gunakan yang lebih menonjolkan kerapian dan kesopanan.

Seragam Sekolah Era 90-an

Era 90-an sepertinya Indonesia mulai memberikan aturan baru dalam sekolah. Di mana seluruh pelajar harus memakai atribut lengkap dalam seragam mereka mulai era ini. Mulai dari berapa panjang rok pelajar SMA, sampai bagaimana ikat pinggang yang mereka pakai.

Dengan Kaos kai sampai sepatu yang hampir serupa. Topi SMA juga menjadi salah satu atribut yang tak boleh terlupakan. Untuk era ini kemeja yang dipakai cewek atau cowok sama-sama memiliki bentuk yang sedikit lebih besar sampai bagian sikut mereka.

Namun tetap saja tampil rapi dengan dimasukkan ke celana atau rok. Serta sopan dengan panjang rok tetap di lutut. Nah, siapa yang SMA di era 90-an pernah memakai seragam seperti ini?

Awal 2000an

Siapa yang tak mengenal film paling legendaris dikalangan remaja pada tahunnya ini. AADC film yang sempat mencuri perhatian kaula muda masa itu ternyata sedikit banyak memberikan

Dengan penampilan yang sedikit lebih minim, diatas lutut dan baju yang mereka pakaipun tidak kedodoran seperti pada era 80 dan 90-an kala itu.

Para pelajar SMA di era 2000 awal ini juga tampak terinspirasi dengan bagaimana cara Cinta dan kawan-kawan memakai seragam.


Mendekati Era 2010

Mendekati era ini, banyak seragam anak SMA mulai berubah dan beragam. Namun, ada juga yang masih terinspirasi seragam GAUL ala AADC.

Era Sinotron Menjadi Kiblat Seragam SMA

Seragam SMA masa kini memang masihlah sama dengan jaman dulu. Kamu yang bersekolah di SMA negeri tentunya memakai seragam SMA berwarna abu abu putih. Hanya saja banyak sekali orang yang mencibir seragam SMA masa kini, terutama seragam para cewek.

Beberapa orang menilai seragam SMA jaman sekarang terlalu ketat dan mini untuk para cewek. Saking ketatnya, ada yang sampai memperlihatkan bentuk tubuh mereka. Memang sih tidak semua, namun faktanya cukup banyak ditemukan model seragam SMA seperti itu.

Inilah perubahan SMA dari masa ke masa.

Sumber: http://planet.merdeka.com/lifestyle/jadul-vs-kekinian-inilah-potret-seragam-sma-dari-masa-ke-masa.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *