KAPAN KERTAS PERTAMA KALI DIBUAT?

Posted on
KAPAN KERTAS PERTAMA KALI DIBUAT
KAPAN KERTAS PERTAMA KALI DIBUAT

Kertas pertama dibuat sekitar 2.000 tahun yang lalu di Cina, oleh seorang pria bernama Ts’ai Lun. Dia mengambil kulit kayu sebelah dalam yang mengandung banyak serat dari pohin Mulberry dan menumbuknya dalam air sampai menjadi massa seperti benang yang pipih. Kemudian dia menempatkan larutan bubur kayu ini dalam nampan datar yang terbuat dari anyaman bambu halus.

Air dibiarkan mengalir melewati bambu, dan benang-benang tersebut dibiarkan sampai kering. Hasilnya adalah bahan datar dan berserat yang dianggap sebagai kertas pertama. Sama halnya seperti sebuah penemuan hal baru, perbaikan dilakukan secara berangsur-angsur. Salah satu cara untuk mencapai ini adalah mengoleskan tepung kanji di atas kertas.

Rahasia pembuatan kertas segera menjadi pengetahuan di seluruh dunia ketika para pedagang Cina bepergian ke Rusia dan Timur Tengah. Dari sana, seni membuat kertas menyebar ke seluruh Eropa.

Penemuan revolusioner mengawali pembuatan kertas dalam jumlah besar. Mesin pertama yang menghasilkan kertas yang tidak terputus dikembangkan di Prancis pada tahun 1798 oleh Louis Robert. Di awal abad berikutnya, Fourdrinier bersaudara di London mengembangkan ide tersebut lebih lanjut.

Kertas adalah bahan yang tipis, yang dihasilkan dengan kompresi serat yang berasal dari pulp. Serat yang digunakan biasanya adalah alami, dan mengandung selulosa dan hemiselulosa.

Kertas dikenal sebagai media utama untuk menulis, mencetak serta melukis dan banyak kegunaan lain yang dapat dilakukan dengan kertas misalnya kertas pembersih (tissue) yang digunakan untuk hidangan, kebersihan ataupun keperluan toilet.

Adanya kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Sebelum ditemukan kertas, bangsa-bangsa dahulu menggunakan loh dari lempung yang dibakar. Hal ini bisa dijumpai dari peradaban bangsa Sumeria, Prasasti dari batu, kayu, bambu, kulit atau tulang binatang, sutra, bahkan daun lontar yang dirangkai seperti dijumpai pada naskah naskah Nusantara beberapa abad lampau.

Catatan fakta Tentang Kertas Pertama

Orang Cina mempunyai rahasia lain, mereka adalah satu-satunya bangsa yang mengetahui cara membuat sutra. Para pedagang Eropa bersedia melakukan perjalanan panjang untuk membawa sutra ini kembali ke Eropa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *