KAPAN PERTAMA KALI PLASTIK DIBUAT?

Posted on
Sejarah Plastik
Sejarah Plastik

Plastik dibuat melalui proses kimia yang disebut polimerisasi. Bahkan, tanpa teknologi dan pengetahuan mutakhir, ahli kimia pada abad kesembilan belas sudah memahami cara membuat plastik. Plastik pertama, vinil klorida, dibuat pada tahun 1838. tidak lama kemudian plastik ini diikuti dengan sitren pada tahun 1839, akrilik pada tahun 1843, dan poliester pada tahun 1847. Namun, pada waktu itu, tidak seorang pun yang menyadari potensi dari penggunaannya.

Kemudian, masih pada abad ke-19, ahli kimia memutuskan untuk mencari bahan manufaktur pengganti, yang lebih murah. Pada tahun 1869, John Hyatt menemukan Seluloid pada waktu mencoba untuk menemukan bahan pengganti untuk gading. Ini adalah bahan yang revolusioner yang tangguh dan dapat ditempa; penemuan ini mengawali golombang ahli kimia mengambangkan bahan sintesis baru.

Akan tetapi, pengembangan plastik paling besar dilakukan oleh Leo Baekeland,yang menemukan fenolformaldehida pada tahun 1909. dia menemukan bahwa bahan ini dapat dicetak menjadi bentuk apa pun dan murah untuk diproduksi. Dia menyebut produk ini Bakelit dan ini adalah bahan sintetis pertama yang diproduksi dalam jumlah besar untuk penggunaan massal.

Sejak tahun 1950-an plastik menjadi bagian penting dalam hidup manusia. Plastik digunakan sebagai bahan baku kemasan, tekstil, bagian-bagian mobil dan alat-alat elektronik. Dalam dunia kedokteran, plastik bahkan digunakan untuk mengganti bagian-bagian tubuh manusia yang sudah tidak berfungsi lagi. Pada tahun 1976 plastik dikatakan sebagai materi yang paling banyak digunakan dan dipilih sebagai salah satu dari 100 berita kejadian pada abad ini.

Salah satu produk dari plastik yang juga banyak digunakan adalah tas plastik, menurut sejarah, tas plastik diciptakan pertama kali sekitar tahun tahun 1965, dan pada tahun 1972 dipatenkan oleh perusahaan di Jepang. Jadi boleh dibilang penggunaan tas plastik dimulai  di Jepang. Penggunaan tas plastik ini mulai marak sejak tahun 70 an disebabkan harga yang murah, tahan lama, ringan serta anti air. Lalu seiring berjalannya waktu ternyata disadari bahwa tas plastik ini tidak ramah lingkungan, karena bahan plastik yang digunakan, tidak seperti bahan organik yang dengan mudah bisa terurai bila dibuang menjadi sampah.  Kesadaran ini membuat beberapa negara mengambil kebijakan-kebijakan untuk mengurangi penggunaan tas plastik. Di Jepang sendiri, diperkirakan penggunaan tas plastik ini mencapai 250.000 ton per tahun.

Catatan fakta Tentang Plastik

Plastik adalah bahan ideal untuk membuat jas hujan. Bahan ini kedap air, dapat ditembus udara, tidak mengerut, dan tetesan air dapat dengan mudah ditiriskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *