KAPAN PERTAMA KALI TANAH LIAT DIPAKAI?

Posted on
Kapan Tanah Liat Dipakai Pertama Kali
Kapan Tanah Liat Dipakai Pertama Kali

Tanah liat atau lempung adalah partikel mineral berkerangka dasar silikat yang berdiameter kurang dari 4 mikrometer. Lempung mengandung leburan silika dan/atau aluminium yang halus. Unsur-unsur ini, silikon, oksigen, dan aluminum adalah unsur yang paling banyak menyusun kerak bumi. Lempung terbentuk dari proses pelapukan batuan silika oleh asam karbonat dan sebagian dihasilkan dari aktivitas panas bumi.

Lempung membentuk gumpalan keras saat kering dan lengket apabila basah terkena air. Sifat ini ditentukan oleh jenis mineral lempung yang mendominasinya. Mineral lempung digolongkan berdasarkan susunan lapisan oksida silikon dan oksida aluminium yang membentuk kristalnya. Golongan 1:1 memiliki lapisan satu oksida silikon dan satu oksida aluminium, sementara golongan 2:1 memiliki dua lapis golongan oksida silikon yang mengapit satu lapis oksida aluminium. Mineral lempung golongan 2:1 memiliki sifat elastis yang kuat, menyusut saat kering dan memuai saat basah. Karena perilaku inilah beberapa jenis tanah dapat membentuk kerutan-kerutan atau “pecah-pecah” bila kering.

Kapan Tanah Liat Dipakai Pertama Kali?

Tanah liat diyakini telah digunakan untuk membuat barang-barang keramik selama sedikitnya 15.000 tahun. Jelas, ada pecahan-pecahan jambangan dari tanah liat yang ditemukan berasal dari periode Neolitikum, lebih dari 10.000 tahun yang lalu.

Sejak 5000 tahun yang lalu orang mengetahui cara membuat jambangan tanah liat mereka menjadi lebih kuat dan kedap air, dengan cara dibakar. Orang segera menyadari bahwa sifat-sifat tanah liat akan berubah sama sekali bila dibakar.

Penggunaan tanah liat meluas dari membuat bejana kecil menjadi bahan bangunan. Batu bata dan ubin yang dibuat dari tanah liat, antara lain, adalah bahan campuran yang pertama. Lukisan dinding di Mesir dari zaman 5.000 tahun yang lalu menunjukkan pekerja tanah liat sedang membuat batu bata dan aneka jambangan seperti itu.

Semakin manusia dapat menyesuaikan diri dengan penggunaan tanah liat, produk yang dibuat menjadi semakin rumit. Beberapa barang tembikar yang berusia ribuan tahun menunjukkan mutu seni yang tinggi dalam produksinya; contoh dari produk ini banyak berasal dari Timur Jauh (Asia).

Dengan perjalanan waktu, penggunaan tanah liat dalam konstruksi semakin bertambah banyak. Sampai sekarang, keramik masih merupakan industri besar di seluruh dunia.

Catatan fakta Tentang Tanah Liat

Para pembuat batu bata dari zaman dahulu membakar batu bata dalam tempat pembakaran khusus (kiln) untuk membuat bahan bangunan yang dapat bertahan lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *